Minggu, 27 Desember 2020

SOCIAL LEARNING: Martin Seligman & Walter Mischel

 Putri Wulandari (19310410067)

Psikologi Kepribadian II

Dosen Pengampu: Fx. Wahyu Widiantoro, S. Psi., M. A.

Walter Mischel (@walter_mischel) | Twitter

Walter Mischel adalah psikolog kognitif social yang tertarik menjelajahi bagaimana kepribadian memengaruhi prilaku. Mischel meninggalkan jejaknya pada bidang kepribadian dengan dua cara. Pertama, kritiknya atas gagasan kekonsistenan prilaku memicu sejumlah kontroversi yang kemudian dikenal sebagai perdebatan orang-situasi. Kedua, ia mengajukan model CAPS, suatu cara berpikir baru mengenai kepribadian.  
KEKONSISTENAN dan PERDEBATAN ORANG-SITUASI
Mischel menyatakan bahwa kepribadian sering kali berubah menurut situasi yang terberi. Mischel menyatakan bahwa prilaku adalah diskriminatif-yaitu, seseorang memandang pada tiap-tiap situasi dan berespons sesuai situasi tersebut. Pandangan Mischel disebut situasionisme, gagasan bahwa kepribadian dan prilaku sering kali sangat bervariasi dari satu konteks ke konteks lainnya.
SISTEM PENGOLAHAN AFEKTIFKOGNITIF (CAPS)
Pendekatan ini bermakna bahwa berbagai pikiran dan emosi kita mengenai diri kita dan dunia memengaruhi interaksi kita dengan lingkungan dan menjadi terkait sehingga penting bagi prilaku.
 
Martin Seligman — Happiness and Well-Being 
PERANAN PSIKOLOGI POSITIF DALAM KEPRIBADIAN
Martin Seligman (2002), salah satu pionir dalam bidang positive psychology dan kebahagiaan.
 
FAKTOR-FAKTOR KEBAHAGIAAN
Seligman (2002) dalam bukunya berjudul ”Authentic Happiness: Using the New Positive Psychology to Realize Your Potential for Lasting Fulfillment”, membedakan kebahagiaan yang bersifat sementara dengan kebahagiaan yang menetap. Ia menyatakan bahwa kebahagiaan yang menetap merupakan kontribusi dari circumstances (keadaan) dan voluntary control (kendali secara sadar) seseorang. 
Ada 8 faktor eksternal yang mempengaruhi kebahagiaan seseorang, namun tidak semuanya memiliki pengaruh yang besar yaitu Uang, Pernikahan, Kehidupan Sosial, Kesehatan, Agama, Emosi Positif, Usia, dan Pendidikan/Ras/Iklim/Gender.

 
Sumber Pustaka:
 
Widiantoro, Wahyu. 2020. Psikologi Kepribadian II. UP45: Rangkuman. 

Maulana, Robi. Belajar. https://www.academia.edu/5626523/BELAJAR. Diakses tanggal 27 Desember 2020.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ilmu Budaya Dasar: Hakikat Manusia

Putri Wulandari 19310410067 Artikel ini dibuat untuk memenuhi Tugas Mata Kuliah Ilmu Budaya Dasar, Prodi Psikologi, Universitas Proklamasi 4...