Sabtu, 26 Desember 2020

ANALISIS FAKTOR: Hans J. Eysenck

Putri Wulandari (19310410067)
 Psikologi Kepribadian II
Dosen Pengampu: Fx. Wahyu Widiantoro, S. Psi., M. A.
 

Work of renowned UK psychologist Hans Eysenck ruled 'unsafe' | Science |  The Guardian 
 
Hans Jurgen Eysenck lahir di Kota Berlin, Jerman pada tanggal 4 Maret 1916. Pada tahun 1940 ia berhasil memperoleh gelar Ph. D. dalam psikologi di Universitas London. Hans J. Eysenck merupakan psikolog Inggris kelahiran Jerman yang karyanya paling terkenal berfokus pada kepribadian dan kecerdasan. Salah satu kontribusi paling signifikan Eysenck untuk psikologi adalah karya rintisannya pada ciri-ciri kepribadian. Menurut Eysinck dalam Suryabrata, struktur kepribadian tersusun atas tindakan-tindakan, disposisi-disposisi yang terorganisasi dalam susunan hirarki yang berdasarkan atas keumuman dan kepentingan, serta kepentingan ini bersumber dari kebutuhan. Demikian pula kebutuhan individu dipengaruhi oleh faktor kepribadian, dengan adanya kepribadian yang berbeda dalam bereaksi terhadap kebutuhan yang dihadapi maka terdapat studi mengenai klasifikasi tingkah laku dalam teori kepribadian yang berusaha membedakan kepribadian yang satu dengan kepribadian yang lain melalui tipologi kepribadian.
Eysenck menjelaskan bahwa tipe kepribadian adalah organisasi di dalam diri individu yang bersifat umum dan lebih mencakup hal luas. Perhatian Eysenck tertuju pada dimensi-dimensi dasar atau tipe-tipe kepribadian, yang bertujuan menemukan dimensi-dimensi primer sebuah kepribadian yang akan memungkinkan menyusun tipologi kepribadian yang baik dan tahan uji. Lebih lanjut Eysenck menyatakan bahwa ada dua faktor yang menjadi dasar kepribadian yaitu 'neuroticism' dan 'introversion-ekstroversion'. Sebagai hasil penyelidikan, Eysenck membuat pencandraan mengenai introvert dan ekstrovert. Penggolongan tipe kepribadian menjadi dua hal tersebut dipandang sederhana tapi merupakan dimensi pokok yang didefinisikan dengan teliti dan jelas.
Menurut Eysenck dalam mempelajari kepribadian yang harus diutamakan adalah masalah organisme (O), dengan melalui traits. Kepribadian adalah hasil genetik berupa Cortical Arrousal yang akan mempengaruhi traits. Kepribadian adalah keseluruhan pola tingkah laku aktual maupun potensial dari orgnaisme, sebagaimana ditentukan oleh keturunan dan organisme. Kepribadian menurut Eysenck memiliki empat tingkatan hirarkis, mulai dari hirarki yang tinggi ke hirarki yang rendah:
TIPE 
Kumpulan dari Traits
TRAITS 
Kumpulan kegiatan, kumpulan respon yang saling berkaitan atau mempunyai persamaan tertentu
HABITUAL RESPONSE
Kebiasaan tingkah laku atau berpikir, kumpulan respon spesifik, respons yang berulang-ulang terjadi kalau individu menghadapi kondisi atau situasi yang sejenis.
RESPON SPESIFIK 
tingkah laku yang dapat diamati, yang berfungsi sebagai respon terhadap suatu kejadian.
 
Ada tiga dimensi menurut Eysenck yaitu Ekstraversion (E), Neuroticism (N) dan Psikoticism (P), menurutnya Neurotisme dan Psikotisme bukan sifat patologis. Tiga dimensi itu adalah bagian normal dari struktur kepribadian. 
Eysenck juga meneliti perbandingan antara anak kembar identik (Monozygot) dan fraternal (Dyzygot) Hasinya kembar identik lebih mirip kepribadiannya daripada kembar fraternal, bahkan ketika anak kembar identik tinggal bersama orang tua yang berbeda. Penelitian tentang anak adopsi juga menunjukkan bahwa kepribadian mereka lebih mirip dengan orang tua biologisnya daripada orang tua adopsi mereka, walaupun mereka tidak mengenal orang tua biologis mereka.


Sumber Pustaka:
Greelane. 2019. Biografi Hans Eysenck. https://www.greelane.com/id/sains-teknologi-matematika/ilmu-sosial/hans-eysenck-4691630/. Diakses tanggal 26 Desember 2020.
 
Suryabrata, Sumadi. (2003). Psikologi Kepribadian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
 
Kartika, Rizki. 2014. Teori Kepribadian Eysenck.  https://www.kompasiana.com/kikikartika/54f74e4ea33311fd2f8b4583/teori-kepribadian-eysenck. Diakses tanggal 26 Desember 2020.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ilmu Budaya Dasar: Hakikat Manusia

Putri Wulandari 19310410067 Artikel ini dibuat untuk memenuhi Tugas Mata Kuliah Ilmu Budaya Dasar, Prodi Psikologi, Universitas Proklamasi 4...