Sabtu, 26 Desember 2020

OPERANT CONDITIONING: B. F. Skinner

 Putri Wulandari (19310410067)

Psikologi Kepribadian II

Dosen Pengampu: Fx. Wahyu Widiantoro. S. Psi., M. A.

Penyimpangan naluriah - Wikipedia 

Burrhus Frederic Skinner lahir pada tanggal 20 Maret 1904 di kota kecil Susqoehanna, Pennsylvania, AS. Skinner adalah seorang Psikolog Amerika Serikat terkenal dengan aliran behaviorisme. Inti pemikiran beliau adalah setiap manusia bergerak karena mendapat rangsangan dari lingkungannya. Sistem itu dinamakan "cara kerja yang menentukan" (Operant-Conditioning).
Operant-Conditioning adalah pengondisian yang melibatkan respons sukarela dari orang/subyek yang dikondisikan. Dalam Operant-Conditioning, respon yang menguat atau melemah dilihat dari seberapa sering respon ini terulang. Operant-Conditioning dikemukakan pertama kali oleh B.F Skinner. Walaupun dianggap sebagai bapak yang melahirkan teori Operant-Conditioning, tapi sebenarnya pendekatan ini terinspirasi oleh teori Thorndike yang disebut law of effect, menyebut bahwa perilaku yang menghasilkan kenikmatan cenderung akan diulangi, sementara perilaku yang menghasilkan kepedihan akan dihindari.
Skinner membedakan ada dua macam respon yaitu:
RESPONDENT RESPONSE
Yaitu respon yang ditimbulkan oleh perangsang-perangsang tertentu. Perangsang-perangsang yang demikian itu disebut eliciting stimuli, menimbulkan respon-respon yang secara relatif tetap, misalnya makanan yang menimbulkan keluarnya air liur. Pada umumnya, perangsang-perangsang yang demikian itu mendahului respons yang ditimbulkan.
OPERANT RESPONSE (INSTRUMENTAL RESPONSE)
Yaitu respon yang timbul dan berkembangnya diikuti oleh perangsang-perangsang tertentu. Perangsang yang demikian itu disebut reinforcing stimuli atau reinforcer karena perangsang-perangsang tersebut memperkuat respons yang telah dilakukan oleh organisme. Jadi perangsang yang demikian itu mengikuti (dan karenanya memperkuat) sesuatu tingkah laku tertentu yang telah dilakukan. Jika sesorang belajar (telah melakukan perbuatan), lalu mendapat hadiah, maka dia akan menjadi lebih giat belajar (responnya menjadi lebih intensif/kuat). 

Skinner menyebut ada tiga jenis stimulus yang terjadi setelah suatu perilaku. Ada stimulus netral, reinforcement atau penguat dan punishment atau hukuman.
NETRAL
Stimulus dari lingkungan yang tidak menambah atau mengurangi perilaku diulang.
REINFORCEMENT (PENGUAT)
Stimulus dari lingkungan yang meningkatkan perilaku diulang.
PUNISHMENT (HUKUMAN)
Stimulus dari lingkungan yang mengurangi perilaku diulangi.
 
Skinner memandang reward (hadiah) atau reinforcement (penguatan) sebagai unsur yang paling penting dalam proses belajar. Skinner lebih memilih istilah reinforcement daripada reward, ini dikarenakan reward diinterpretasikan sebagai tingkah laku subjektif yang dihubungkan dengan kesenangan sedangkan reinforcement adalah istilah yang netral. Reinforcement (Penguat) dibagi menjadi dua yaitu penguatan positif dan penguatan negatif. Penguat positif adalah rangsangan yang memperkuat atau mendorong suatu tindak balas. Sedangkan penguatan negatif ialah penguatan yang mendorong individu untuk menghindari suatu tindakan balas tertentu yang tidak memuaskan. 
Contoh penguat positif di dalam kehidupan sehari-hari yaitu komentar guru meningkatkan perilaku menulis murid, atau memuji orang tua yang mau hadir dalam rapat orang tua dan guru mungkin akan mendorong mereka untuk kelak ikut rapat lagi. Sedangkan dalam penguat negatif yaitu ayah mengomeli anaknya agar mau mengerjakan PR, dia terus mengomel, akhirnya anak itu mendengarkan omelan dan mengerjakan PRnya. Respon anak (mengerjakan PR) menghilangkan stimulus yang tidak menyenangkan (Omelan).



Sumber Pustaka:

Khasanah, Mauidhotul. 2015. Burrhus Frederic Skinner. https://www.kompasiana.com/mauidhotulkhasanah/55359fb36ea834340cda4307/burrhus-frederic-skinner. Diakses tanggal 26 Desember 2020.

Putri, Nina Hertiwi. 2020. Operant Conditioning adalah Metode Belajar Efektif, Ini Konsepnya. https://www.sehatq.com/artikel/operant-conditioning-adalah-metode-belajar-efektif-ini-konsepnya. Diakses tanggal 26 Desember 2020.

Maulana, Robi. 2020. Operant Conditioning-Teori Pengondisian Skinner. https://psikologihore.com/operant-conditioning-teori-skinner/. Diakses tanggal 26 Desember 2020.

Zaini, Rifnon. 2014. Studi Atas Pemikiran B. F. Skinner Tentang Belajar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Vol 1. Nomor 1. Juni 2014. SMPN 1 Karya Penggawa Pesisir Barat. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&ved=2ahUKEwjXs6q_jeztAhUN6nMBHWiXCS8QFjAFegQIDBAC&url=http%3A%2F%2Fejournal.radenintan.ac.id%2Findex.php%2Fterampil%2Farticle%2Fdownload%2F1309%2F1037&usg=AOvVaw27FMyGcZtvr2Sq1AVOUuy9. Diakses tanggal 26 Desember 2020.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ilmu Budaya Dasar: Hakikat Manusia

Putri Wulandari 19310410067 Artikel ini dibuat untuk memenuhi Tugas Mata Kuliah Ilmu Budaya Dasar, Prodi Psikologi, Universitas Proklamasi 4...