Selasa, 27 Oktober 2020

Konstruk Personal: George Kelly

 Putri Wulandari (19310410067)

Psikologi Kepribadian II

Dosen Pengampu: Fx. Wahyu Widiantoro, S.Psi., M.A.


    George Alexander Kelly lahir pada tahun 1905 di Perth, Kansas.George Kelly memandang kepribadian sebagai cara unik individu dalam "membuat makna" (making sense) dari pengalaman-pengalaman hidup. Berbeda dengan teori Freud dan Roger, George A. Kelly bermaksud memahami individu secara utuh yaitu dengan menekankan pada cara-cara mengkonstruksi yaitu mempresepsi, menafsirkan, mengontrol dan meramalkan peristiwa di sekitar dunia mereka. Kelly meyakini bahwa tidak ada kebenaran yang objektif dan kebenaran yang mutlak absolut. Variabel struktural kunci daalam teori kepribadian Kelly adalah "Konstruk Personal". Kelly menggunakan kata konstruk untuk merujuk kepada ide atau kategori yang digunakan orang untuk menginterpretasi dunia mereka. Teori konstruk personal George A. Kelly tidak sama dengan teori kepribadian lainnya. Sebelumnya teori ini disebut dengan teori kognitif, teori perilaku, teori eksistensial dan teori fenomologi. 
    Teori konstruk personal tidak berusaha untuk menjelaskan alam, melainkan sebuah teori mengenai konstruksi manusia terhadap peristiwa-peristiwa: yaitu pencarian pribadi mereka ke dalam dunia mereka. Konsep tersebut merupakan psikologi dari perjalanan manusia. Ia tidak hanya mengatakan mengenai apa yang sudah atau apa yang akan ditemukan, tetapi juga menawarkan mengenai bagaimana kita dapat berjalan untuk mencari hal-hal tersebut. 
    Teori kepribadian kelly memiliki dasar terkait dengan pikiran individu (kognitif). Proses kognitif merupakan pusat kepribadian individu, sedangkan emosi dan perilaku dipengaruhi oleh kognisi. Relasi sosial sebagai usaha individu untuk memahami konstruk personal individu lainnya. 
Kelly memandang bahwa semua konstruk itu dikotomus, masing-masing mempunyai persamaan dan perbedaan. Dalam mengkonstruksi peristiwa dapat digunakan konstruk dari segi kualitas dan kuantitasnya. Kelly mengukuhkan bahwa konstruk itu tersusun dari dua konstruk atau kombinasi: persamaan-perbedaan. Dengan kata lain bahwa kita tidak dapat memahami hakikat konstruk seseorang apabila kita hanya menggunaan konstruk persamaan atau perbedaan saja. konstruk-konstruk itu dapat dikategorikan ke dalam cara yang bervariasi yaitu:
1. Core (inti), konstruk dasar dari fungsi individu.
2. Peripheral (pinggir,luar), konstruk yang dapat diubah tanpa modifikasi mendasar, serius dari konstruk     inti.
3. Permeable (dapat ditembus), konstruk yang terbuka, dapat menerima elemen-elemen baru.
4. Impermeable (tak tertembus/tertutup), konstruk yang menolak elemen-elemen baru. 
5. Tight (rapat/erat), konstruk yang tidak dapat mengubah-ubah prediksi.
6. Loose (longgar), konstruk dimana individu mengharapkan suatu hal dalam satu waktu dan hal yang        berbeda dalam kondisi yang sama.
7. Verbal, konstruk yang mempunyai simbol kata yang konsisten.
8. Preverbal, konstruk dimana individu belum mempunyai simbol kata yang konsisten, konstruk ini           dialami/dipelajari individu sebelum perkembangan masa bayi/masa kanak-kanak awal.
9. Submeged (tenggelam), konstruk ini bisa jadi tidak di verbalisasikan dan individu mungkin tidak           akan dapat melaporkan semua elemen yang ada pada dalam konstruk tersebut.
Dalam proses memandang tingkah laku manusia, Kelly tidak mendasarkan pada teori tradisional tentang motivasi. Dalam hal ini Kelly merumuskan suatu postulat/asumsi bahwa 'proses seseorang itu secara psikologi dijembatani oleh cara dia mengantisipasi peristiwa'. Postulat tersebut mengimpikasikan bahwa:
a. Individu menyusun/mencari prediksi.
b. Individu mengantisipasi peristiwa.
c. Individu menggapai masa depan melalui jendela masa kini.
Kelly yakin manusia yang menentukan masa depannya, bukan fakta. Fakta dan kenyataan tidak mendikte suatu kesimpulan, hanya membawa makna-makna untuk kita temukan. 

DINAMIKA KEPRIBADIAN
Kelly menggambarkan manusia sebagai seorang peneliti, tiap-tiap individu memiliki gagasan dan teori tersendiri mengenai dunia dan individu-individu tersebut menguji hipotesis yang mereka punya serta mempraktekkan hipotesis tersebut dalam dunia nyata, yang terpenting adalah imajinasi individu tentang realitas yang memberikan makna bagi setiap kejadian yang terjadi dalam hidup masing-masing individu. 

PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN 
Kelly menekankan bahwa masa kecil tidak membentuk kepribadian seseorang saat ini. Masa kecil itu sifatnya hanya mempengaruhi dan itupun terbatas. 


Sumber Pustaka
Nuryakin, Fuzanin. 2014. Psikologi dan Konstruk Personal: George Kelly. https://www.kompasiana.com/fnuryakin/54f7091aa3331108208b467e/psikologi-dan-konstruk-personal-gkelly. Diakses pada tanggal 26 Oktober 2020.
Santoso, Sugiarto. 2017. PERSONAL CONSTRUCT THEORY GEORGE KELLY. https://docplayer.info/51959294-Personal-construct-theory-george-kelly.html. Diakses pada tanggal 26 Oktober 2020.
Riyanto, Yatim. 2009. PARADIGMA BARU PEMBELAJARAN Sebagai Referensi Bagi Guru/Pendidik Dalam Implementasi Pembelejaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana. 
Feist, Jess, & Feist. G. J. (2010). Teori Kepribadian (buku 2) (edisi 7). Jakarta: Seleka Humanika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ilmu Budaya Dasar: Hakikat Manusia

Putri Wulandari 19310410067 Artikel ini dibuat untuk memenuhi Tugas Mata Kuliah Ilmu Budaya Dasar, Prodi Psikologi, Universitas Proklamasi 4...